Kumpulan Puisi Diponegoro Maha Karya Dari Chairil Anwar Terbaru

Kumpulan Puisi Diponegoro Maha Karya Dari Chairil Anwar Terbaru. Chairil anwar merupakan salah satu seniman asal indonesia , beliau sudah menghasilkan banyak sekali karya tulis diantaranya 70 puisi yang amat populer serta mengangkat namanya , bahkan hingga kini puisi karya beliau masih sering di muat dalam beragam buku serta juga di gunakan dalam perlombaan membaca puisi . Salah satu puisi karya Chairil anwar yang paling populer adalah puisi diponegoro , puisi ini amat puitis serta berarti mendalam sehingga pernah menjadi favorit di kalangan remaja masa itu , lahir di waktu perjuangan bikin chairil anwar mempunyai beragam kenangan pahit dampak penindasan yang dilaksanakan oleh penjajah , kenangan pahit itu di tuangkan kedalam tiap bait puisinya sehingga membagikan aura yang dalam serta nyata.

Puisi diponegoro karya chairil anwar menggambarkan cerita perjuangan seorang pangeran diponegoro , seorang putra sulung Hamengkubuwana III , pangeran diponegoro merupakan seorang pemimpin perjuangan rakyat teruntukkan di jawa yang begitu muak dengan sifat penjajah belanda yang tak menghargai adat istiadat setempat serta amat mengeksploitasi rakyat dengan pembebanan pajak , dan monopoli niaga yang mencekik rakyat . perilaku pangeran diponegoro yang secara terbuka menentang penjajah menemukan simpati serta dukungan rakyat , selanjutnya pangeran diponegoro bikin markas di sesuatu goa bernama Goa Selarong . Saat itu Diponegoro menyiratkan perlawanannya ialah perang sabil , semangat perang yang dikobarkan pangeran diponegoro membawa efek luas hingga ke wilayah pacitan serta kedu , seorang tokoh agama surakarta yakni Kyai Mojo juga bergabung dengan pasukan diponegoro di Goa Selarong.

Pada maret 1830 pangeran diponegoro menemui jenderal de Kock di magelang yang mendorong mengadakan perundingan serta mendesak rakyat menghentikan perang , tapi pangeran diponegoro menolaknya , akan tapi belanda sedari tadi sudah menyiapkan rencana penyergapan dengan teliti hari itu jgua pangeran diponegoro di tangkap serta diasingkan . Hingga akhirnya terhadap tanggal 8 Januari 1855 pangeran diponegoro wafat serta dimakamkan di kampung jawa Makassar . Perjuangan pangeran diponegoro yang amat gigir pantas menjadi teladan bagi bangsa ini . beliau bersama para pengikutnya rela berkorban jiwa raga demi kebebasan serta mengakhiri penindasan yang mereka natural . Berikut ini merupakan kutipan puisi diponegoro karya chairil anwar.

 Puisi Diponegoro Maha Karya Dari Chairil Anwar

Oleh Chairil Anwar
Di masa pembangunan ini

tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.
Sekali berarti
Sudah itu mati.
Bagimu Negeri
Menyediakan api.
Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai
Baca juga puisi Fenomenal maha karya anak bangsa lainnya

Demikian Puisi diponegoro karya chairil anwar , semoga puisi ini dapat memupuk rasa cinta dan setia kita kepada bangsa dan negara layaknya seorang pangeran diponegoro dan para pengikutnya yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi kebebasan dan kehidupan yang lebih baik . Sekian dari kami terima kasih telah membaca Puisi Diponegoro Maha Karya Dari Chairil Anwar

0 komentar